e-Tax Court, Langkah Penyederhanaan dan Percepatan Layanan Administrasi Persidangan

06/12/2023 19:21:01

Jakarta, 30 November 2023. Dengan mengusung semangat efisiensi pelaksanaan persidangan dan kemudahan akses bagi para pencari keadilan di seluruh Indonesia, Sekretariat Pengadilan Pajak meluncurkan e-Tax Court yang telah dapat digunakan sejak tanggal 31 Juli 2023. 

Bertempat di Aula Gedung A. A.  Maramis Kementerian Keuangan RI, Sekretariat Pengadilan Pajak menyelenggarakan kegiatan sosialisasi e-Tax Court kepada para Wajib Pajak. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman dan pengenalan secara lebih intensif kepada pemangku kepentingan mengenai penggunaan dan kelebihan-kelebihan yang diperoleh apabila mengajukan banding/gugatan menggunakan e-Tax Court. 

Kegiatan sosialisasi dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan penyampaian keynote speech dari Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI dan arahan dari Wakil Ketua II Pengadilan Pajak.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan RI menyampaikan bahwa selain modern dan praktis e-Tax Court juga transparan karena dapat ditelusuri prosesnya serta hemat karena dapat memangkas banyak biaya.

Dalam arahannya, Wakil Ketua II Pengadilan Pajak menyampaikan bahwa perlu terus dilakukan sosialisasi dan upaya pengenalan secara lebih intensif tentang apa dan bagaimana e-Tax Court yang bisa memberikan manfaat dan kemudahan bagi para pemangku kepentingan.

Beliau juga menambahkan, “Melalui acara pada pagi hari ini kami berharap bahwa bapak ibu tamu undangan sekalian bisa semakin memahami e-TaxCourt ini dan akhirnya bisa memanfaatkannya dalam proses penyelesaian sengketa pajak di kemudian hari.” 

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan paparan Product Knowledge oleh Sekretaris Pengadilan Pajak, talkshow tentang e-Tax Court dan diakhiri dengan sesi diskusi yang diikuti oleh para peserta secara antusias. Hal ini terbukti dengan animo yang besar dari para peserta dalam mengajukan pertanyaan.

(SetPP/IP)

PENCARIAN BERKAS

Eselon I Kementerian Keuangan