Pengadilan Pajak Gelar Rapat Kerja Tahunan

11/12/2023 13:21:21

Jakarta, 1 Desember 2023. Bertempat di Aula Gedung BPKP Perwakilan Provinsi Banten, Pengadilan Pajak menyelenggarakan rapat kerja tahunan dengan mengangkat tema Pengadilan Pajak yang Independen dalam Perspektif Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010 – 2023. Rapat kerja dibuka dengan sambutan dari Ketua Pengadilan Pajak dan dilanjutkan seminar dengan narasumber Astriyani, S.H., M.P.M., Staf Khusus Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial / Koordinator Tim Asistensi Pembaruan Peradilan pada Mahkamah Agung Republik Indonesia, dan Dr. Dian Rositawati, S.H., M.A., Anggota Tim Asistensi Pembaruan Peradilan pada Mahkamah Agung Republik Indonesia. 

Dalam arahannya, Ketua Pengadilan Pajak menyampaikan bahwa momen akhir tahun bagi suatu organisasi merupakan saat yang tepat untuk mengevaluasi diri dan merenungkan hal-hal penting yang terjadi di periode yang telah dilaluinya.

Adapun beberapa rencana strategis Pengadilan Pajak yang dibahas pada rapat kerja tersebut antara lain, implementasi e-Tax Court yang telah dicapai dengan penerbitan PER-1/PP/2023 tanggal 21 Juli 2023 tentang Administrasi Sengketa Pajak dan Persidangan Secara Elektronik di Pengadilan Pajak, yang mulai diterapkan tanggal 31 Juli 2023, dan upaya untuk menghidupkan dan menguatkan Sidang Di Luar Tempat Kedudukan (SDTK) pasca pandemi Covid-19 yang telah berjalan kembali setelah penetapan berakhirnya status pandemi Covid-19 melalui Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2023.

Rapat kerja ditutup dengan dialog dan diskusi mengenai beberapa isu dan permasalahan yang terjadi di Pengadilan Pajak dan bagaimana solusinya untuk Pengadilan Pajak ke depan.

PENCARIAN BERKAS

Eselon I Kementerian Keuangan