Sosialisasi Survei SFO dan Internalisasi PRiME di Sekretariat Pengadilan Pajak

21/09/2016 10:59:23

Pada hari Rabu tanggal 29 Juni 2016 bertempat di Gedung F Lantai 6 Sekretariat Pengadilan Pajak, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi SFO dan internalisasi spirit PRiME Sekretariat Jenderal. Sosialiasi ini merupakan tindak lanjut atas arahan Bapak Sekretaris Jenderal mengenai perlunya dilaksanakan sosialisasi SFO pada setiap unit Eselon II dalam rangka pemahaman seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal terkait ruang lingkup maupun arti pentingnya survei SFO bagi Sekretariat Jenderal. Acara sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh pejabat Eselon III, Mitra Manajer Kinerja Bagian/Majelis serta perwakilan pelaksana dari Bagian atau Majelis di lingkungan Sekretariat Pengadilan Pajak.

                     Acara sosialisasi terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama diisi dengan pemaparan terkait survei SFO disampaikan oleh Kepala Subbagian Monitoring selaku Sub Manajer Kinerja Organisasi Sekretariat Pengadilan Pajak dan pada sesi kedua diisi dengan pemaparan spirit PRiME Sekretariat Jenderal oleh Sekretaris dan Wakil Sekretaris Pengadilan Pajak. Dalam paparannya, Kepala Subbagian Monitoring menyampaikan secara singkat prinsip-prinsip strategy focused organization yang terbagi dalam 5 prinsip utama yaitu menggerakkan perubahan dari tingkat pimpinan, menerjemahkan strategi kedalam terminologi operasional, menyelaraskan organisasi dengan strategi, cara memotivasi sehingga strategi adalah pekerjaan setiap individu dan kendali untuk membuat strategi sebagai proses berkelanjutan.

                     Adapun tujuan pelaksanaan survei SFO ini diantaranya adalah untuk mengetahui level implementasi prinsip-prinsip SFO pada Kementerian Keuangan dan masing-masing unit Eselon I serta mengetahui penerapan prinsip-prinsip SFO yang telah sesuai harapan dan perlu dipertahankan serta penerapan prinsip-prinsip SFO yang masih perlu ditingkatkan oleh Kementerian Keuangan dan masing-masing unit Eselon I.

                     Kepala Subbagian Monitoring juga menjelaskan secara singkat mengenai arti pentingnya survei SFO bagi Kementerian Keuangan khususnya Sekretariat Jenderal dan Sekretariat Pengadilan Pajak. Pokok-pokok paparan Kepala Subbagian Monitoring tersebut antara lain:

  1. Nilai SFO Kementerian Keuangan memiliki pengaruh terhadap penilaian Laporan Kinerja (LAKIN) Kementerian/Lembaga oleh KemenPAN-RB. Selanjutnya, hasil penilaian LAKIN akan turut berkontribusi terhadap penilaian kelayakan pemberian remunerasi bagi pegawai Kementerian Keuangan.
  2. Bagi Sekretariat Jenderal, peningkatan pemahaman mengenai survei SFO sangat penting mengingat pada tahun 2015 nilai SFO Sekretariat Jenderal adalah 2,69 yang merupakan peringkat ke-10 dari 11 unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan.
  3. Kontribusi Sekretariat Pengadilan Pajak terhadap nilai SFO Sekretariat Jenderal cukup besar mengingat jumlah pegawai Sekretariat Pengadilan Pajak yang cukup besar.
  4. Bagi setiap pegawai, survei SFO berpengaruh pula terhadap bisa atau tidaknya seseorang melihat nilai perilakunya dalam aplikasi e-performance. Tanpa mengisi survei SFO, seorang pegawai tidak dapat melihat hasil penilaian perilaku sehingga tidak memungkinkan baginya untuk mengajukan keberatan atas nilai perilaku yang diberikan kepadanya.

                   Pada akhir paparannya, Kepala Subbagian Monitoring menyampaikan beberapa jadwal penting terkait pelaksanaan survei SFO. Untuk lingkup Sekretariat Jenderal termasuk Sekretariat Pengadilan Pajak, pelaksanaan survei SFO melalui aplikasi e-performance dilaksanakan pada periode 1 s.d. 19 Agustus 2016.

                   Setelah paparan survei SFO, acara dilanjutkan dengan pemaparan spirit PRiME Sekretariat Jenderal oleh Sekretaris dan Wakil Sekretaris Pengadilan Pajak. Dalam paparannya, Sekretaris Pengadilan Pajak terlebih dahulu menyampaikan program kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka internalisasi spirit PRiME di lingkungan Sekretariat Pengadilan Pajak. Selanjutnya, Bapak Sekretaris menyampaikan 2 nilai-nilai PRiME yaitu professional dan responsive. Pada giliran berikutnya, Bapak Wakil Sekretaris memaparkan 3 nilai-nilai PRiME yang lain yaitu innovative, modern dan enthusiastic.

                Acara yang dimulai dari pukul 8.30 WIB tersebut akhirnya ditutup oleh Bapak Sekretaris Pengadilan Pajak yang dalam pesan penutupnya mengajak kepada seluruh pegawai untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan survei SFO dan memanfaatkan jadwal yang telah ditentukan dengan sebaik-baiknya. Tidak lupa pada akhir acara seluruh peserta diminta untuk berdiri dan bersama-sama meneriakkan yel-yel spirit PRiME, “One Team, One Spirit, One Goal”.

PENCARIAN BERKAS

Eselon I Kementerian Keuangan