Peringatan Hari Pancasila

18/07/2017 17:01:07

Jakarta, Sekretariat Jenderal - Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Presiden Joko Widodo menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Keppres ini muncul dengan pertimbangan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi, sehingga kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pekan Pancasila berlangsung sepekan sejak tanggal 29 Mei s.d. 4 Juni 2017. Adapun tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 adalah ”Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017 dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri. Penyelengaraan Upacara Bendera juga dilaksanakan di setiap kantor instansi pemerintah baik pusat, daerah, maupun kantor perwakilan Indonesia di luar negeri. Kementerian Keuangan melakukan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Gedung Maramis, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan diselenggarakan di Aula Mezzanine Gedung Djuanda I pada hari Jumat, 2 Juni 2017. Sekretaris Jenderal, Bapak Hadiyanto mengapresiasi pegawai yang tetap menjaga toleransi, tetap menjaga kerukunan dan saling menghormati. Pak Setjen juga menyampaikan harapannya agar momentum hari lahir Pancasila ini tidak berhenti pada slogan, semangat, dan trend yang akan hilang dengan sendirinya. Beliau berpesan kepada seluruh pejabat dan pegawai Sekretariat Jenderal agar menjadi pionir dan sebagai prime mover dalam mengaktualisasikan kembali nilai-nilai Pancasila ke dalam sikap sehari-hari termasuk dalam bekerja dan berinteraksi sosial.

Selamat memperingati Hari Pancasila.

rmp

PENCARIAN BERKAS

Eselon I Kementerian Keuangan