Pengadilan Pajak Dukung Penyelenggaran Sidang yang Efektif

09/12/2022 18:44:37

Jakarta, 9 Desember 2022. Bertempat di Aula Gedung BPKP Perwakilan Banten, Pengadilan Pajak melaksanakan rapat kerja dengan tema Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Rencana Strategis Pengadilan Pajak 2023-2036 yang diselenggarakan secara tatap muka. Rapat kerja dibuka pada pukul 08.00 WIB dan diikuti dengan pelaksanaan seminar dengan narasumber Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H. Tema yang diangkat dalam seminar tersebut adalah Penyelenggaran Sidang yang Efektif. Tema ini diambil guna memberikan pemahaman kepada para Hakim Pengadilan Pajak mengenai pentingnya komunikasi dan etika persidangan serta menjadi referensi bagi Pengadilan Pajak dalam menyusun dan melakukan pembaruan tata tertib persidangan di Pengadilan Pajak.

Dalam paparannya, Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, S.H., M.H mengatakan bahwa persidangan pengadilan yang efektif dan efisien akan menciptakan peradilan yang sederhana, cepat, dan berbiaya ringan. Beliau juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor dalam efektifitas penyelenggaran persidangan yang efektif, antara lain faktor hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana, faktor masyarakat, dan faktor budaya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan pembahasan isu-isu yang terjadi saat ini dan rencana strategis Pengadilan Pajak. Turut hadir selama kegiatan para Hakim dan jajaran pejabat di lingkungan Pengadilan Pajak. Rapat kerja ditutup dengan pembacaan Executive Summary dan dilanjutkan seremonial penutupan Rapat Kerja oleh Ketua Pengadilan Pajak.

(SetPP/IP)

PENCARIAN BERKAS

Eselon I Kementerian Keuangan